15 Jan 2016 | 12 : 14

Ujicoba Implementasi Perluasan TSA pada Rekening Bendahara Pengeluaran

Jakarta, Implementasi perluasan Treasury Single Account pada rekening Bendahara Pengeluaran Ditjen Perbendaharaan diujicoba pada tanggal 22-29 Desember 2015. Ujicoba dilaksanakan pada rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bendahara Pengeluaran lingkup KPPN Karawang, KPPN Kuningan, KPPN Rangkasbitung, dan KPPN Sumedang.



Pelaksanaan ujicoba perluasan TSA pada rekening Bendahara Pengeluaran berjalan dengan lancar, sesuai hasil monitoring melalui fasilitas Cash Management System (CMS) BRI dan Bank Indonesia Government electronic Banking System (BIG-eB).

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari ujicoba perluasan TSA adalah adanya remunerasi dari dana yang terkumpul. TSA akan mengoptimalkan PNBP atas dana BUN. Secara kuantitatif pemerintah akan memperoleh keuntungan berupa selisih rate antara imbal jasa BI sebesar 65% dari BI rate (4,875%) dimana nilai ini lebih tinggi dibandingkan remunerasi Treasury National Pooling TNP di bank BRI (2%) profit rate atau sebesar 2,875%. Sebagai pembanding, remunerasi TNP dari bank BUMN rata-rata 2%..

Keberhasilan ujicoba dan manfaat TSA untuk rekening bendahara pengeluaran ini penting karena merupakan salah satu quick win 2015 Ditjen Perbendaharaan cq. Direktorat Pengelolaan Kas Negara.

TSA sendiri adalah pengumpulan kas pada rekening bendahara pengeluaran ke satu rekening terpusat. Kantor pusat BRI sebagai salah satu bank pemerintah yang ditunjuk, akan melakukan penarikan (sweep) seluruh saldo rekening bendahara pengeluaran pada jam 16.30 WIB dan mengkonsolidasikan saldo tersebut pada rekening konsolidasi di kantor BRI cabang Veteran di Jakarta. Saldo konsolidasian tersebut selanjutnya ditransfer ke rekening ujicoba perluasan TSA di Bank Indonesia paling lambat pukul 17.00 WIB hari yang sama. Di hari kerja berikutnya, saldo TSA di Bank Indonesia tersebut oleh pejabat bagian setelmen di Direktorat Pengelolaan Kas Negara akan dialokasikan kembali melalui transfer ke rekening konsolidasi BRI cabang Veteran. Saldo rekening konsolidasian tersebut lalu kembali didistribusikan oleh kantor pusat BRI ke tiap rekening Bendahara Pengeluaran, dimana KPPN peserta ujicoba perluasan TSA akan mengalokasikan saldo tiap rekening sesuai nominal saldo sejumlah nominal saldo yang ditarik (sweep) pada sore hari kerja sebelumnya.



Oleh : djpbn.kemenkeu.go.id - Kontributor Direktorat Pengelolaan Kas Negara Ditjen Perbendaharaan