PERBAIKAN/RALAT SPM

Menunjuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 / PMK.05 / 2012 tanggal 29 Nopember 2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor S-278 / PB / 2013 tanggal 10 Januari 2013 Hal Pemberlakuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190 / PMK.05 / 2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, dengan ini kami sampaikan hal-hal berkaitan dengan penyampaian SPM ke KPPN Padangsidempuan dan kelengkapannya:

SPM yang telah diterbitkan SP2D-nya oleh KPPN dan telah dicairkan (telah dilakukan pendebetan rekening kas negara) tidak dapat dibatalkan. Namun demikian apabila terdapat perbaikan SPM, maka ralat tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :


a. Perbaikan hanya dapat dilakukan terhadap kesalahan administrasi sebagai berikut:

Kesalahan pembebanan pada MAK;
Kesalahan pencantuman kode fungsi, sub fungsi, kegiatan dan sub kegiatan;
Uraian pengeluaran yang tidak berakibat jumlah uang pada SPM.


b. Perbaikan SPM sebagaimana dimaksud pada huruf a dilakukan oleh Kuasa PA/ penerbit SPM. Surat perbaikan/ralat SPM dimaksud dilampiri dengan SKTJM dan ADK kemudian disampaikan kepada Kepala KPPN.